Memahami ketidakpastian dalam bisnis

Beberapa hari lalu saya membaca The Bestseller 7 Keajaiban Rezeki. Di sana saya tertarik dengan pembahasan ketidakpastian. Di sana dipaparkan bahwa rezeki, jodoh, dan maut itu pasti akan terjadi. Tapi sebaliknya itu semua juga serba tidak pasti: berapanya, siapanya, di mananya, kapannya, dan bagaimananya. Jadi, lebih besar tidak pastinya daripada pastinya.

Lalu bagaimana seharusnya para pebisnis menyikapinya? Orang yang kreatif mampu menyikapi ketidakpastian, perubahan, dan resiko. Maka jadilah mereka penemu dan pemimpin.

Oya, masih ingatkan kejadian George W. Bush yang dilempari sepatu oleh seorang wartawan? Sungguh sangat disayangkan kejadian ini. Seharusnya pemimpin itu harus mampu menyikapi ketidakpastian, mulai dari lemparan sepatu sampai dengan lemparan bom.

Lain halnya dengan orang yang tidak kreatif. Mereka tidak mampu menyikapi ketidakpastian, perubahan, dan resiko. Maka jadilah mereka pengikut dan bawahan. Apa yang mereka inginkan hanyalah kepastian. “Asal sedikit, tapi pasti” kata ini yang ada dipikiran mereka. Akhirnya, itulah yang mereka dapatkan. Yah, serba pasti semua! Pasti kecil gajinya, pasti kecil pengaruhnya, pasti sedikit pengalamannya, pasti begitu-begitu saja hidupnya. Namun begitu, pengikut atau bawahan itu tetaplah penting. Tanpa bawahan, apa berani Anda di rumah?

So, jadilah orang yang kreatif dalam segala hal.

0 Responses to “Memahami ketidakpastian dalam bisnis”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: