Tips Sukses Mengembangkan Usaha Kecil

Untuk menjadi usaha besar yang berangkat dari sebuah UKM (Usaha Kecil Menengah) bukanlah sebuah hal yang mustahil. Banyak pengusaha yang secara tidak langsung melalui pengalaman berharga mereka telah menginspirasi dan memberikan kiat sukses usaha.

Kiat sukses dari Bob Sadino misalnya yang memulai usaha berjualan telur ayam kampung dari rumah ke rumah ini kini menuai keberhasilan, dan menjadi salah satu tokoh pewirausaha nasional. Demikian juga jejak usaha HM.SAmpoerna, Lim Seeng bersama istrinya Tjiang Nio, tahun 1913 merintis sebuah perusahaan tembakau rokok bernama Handel Maatschappij Lim Seeng Tee, dimana modal awalnya hanyalah sebuh warung kecil di pinggir jalan, dan sedikit uang simpanan. Dan kini perusahaan tersebut telah berhasil dikembangkan secara turun temurun menjadi sebuah jaringan perusahaan berskala dunia PT. HM. Sampoerna, Tbk.

Menurut survey bahwa hampir sebagian besar UKM memiliki tantangan terbanyaknya antara lain lemahnya mencari pasar, kemampuan manajerial yang masih amburadul, serta penguasaan teknologi yang belum memadai. Saat ini pengusaha yang sukses adalah pengusaha yang mampu menghasilkan produk-produk kreatif dan inovatif, serta mengelola usahanya dengan efisien dan optimal.

Modal bukanlah hal yang prinsip dalam usaha, karena untuk memperolehnya akan banyak alternatif yang bisa diperoleh jika prinsip-prinsip usaha dapat berjalan dengan baik dan benar. Lembaga-lembaga keuangan dan perbankan selalu memburu usaha yang dijalankan dengan baik dan benar ini sebagai pasar potensialnya.

Seorang pengusaha apalagi yang masih pemula, maka tidak menjadikan modal sebagai kendala. Modal bukanlah segala-galanya. Modal yang terpenting justru adalah kemampuan itu sendiri.

Banyak pihak mengatakan bahwa seseorang tanpa modal tidak mungkin bisa berusaha. Namun ada juga seseorang yang memiliki kemampuan, tetapi modalnya tidak ada, maka usahanya tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Persepsi bahwa tak ada modal usaha tak jalan, sekilas kelihatannya benar, tetapi tidak selalu benar. Kalau kemampuan itu diartikan sempit, maka ada lompatan untuk mengatakan modal adalah kendalanya.

Kemampuan adalah sebuah ekspresi  yang multidimensi. Didalamnya terkandung semangat dan motivasi yang diwujudkan dalam perbuatan nyata dalam bentuk konsep bisnis. Jika konsep bisnis ini dibuat sedemikian rupa sehingga orang dapat percaya dan mau bekerja sama, maka modal bukan lagi menjadi kendala utama.

Tetapi kita cenderung melihat, banyak orang yang membuat konsep bisnis yang muluk-muluk, sehingga harus memerlukan modal yang sangat besar. Kecenderungan ini didasari oleh adanya keinginan untuk memperoleh keuntungan secepatnya, dan sikap untuk bisa dikatakan berhasil oleh orang lain dalam waktu secepatnya pula.

Jika hal ini adalah latar belakangnya, maka pewirausaha jenis ini akan menjadikan modal sebagai panglima, dan menganggap mutlak adanya. Tetapi juga tidak bisa dipungkiri bahwa setiap usaha yang akan meningkat skala dan volumenya diperlukan modal yang memadai.

Karena itu dapat disimpulkan, modal penting, kemampuan juga sangat diperlukan. Karena keduanya berfungsi seperti dua sisi mata uang, sama pentingnya.

Pengusaha yang selalu berharap mendapatkan uang pinjaman tunai untuk mengelola usahanya dan selalu berharap dari hari ke hari itu-itu terus bisa dianggap sebagai pengusaha yang cengeng. Berikut beberapa kiat sukses yang dapat diperdalam sebagai sebuah keyakinan agar usaha Anda cepat besar.

Keyakinan terhadap ide maupun gagasan, walaupun diejek dan ditertawakan oleh teman-teman hendaknya jalan terus. Lupakan ejekan itu. Bagaimana dulu pemilik merek aqua meyakinkan calon pelanggannya, ketika aqua masih merupakan barang langka. Demikian juga Bob Sadino yang mendirikan Kemchick-nya. Juga Ribudi, pembuat becak bermotor (bentor) di Pematang Siantar, Sumatera Utara, yang bermanfaat bagi masyarakat dan murah harganya.

Menggapai Kesuksesan

Ada banyak alasan mengapa seorang pengusaha ingin cepat sukses.

  • Takut dan malu jika dianggap gagal dalam menjalankan usaha. Padahal kegagalan mata rantai dari kesuksesan tersebut.
  • Pengusaha ingin segera menikmati hasil jerih payahnya. Padahal cukup banyak pengusaha yang terseret komsumtif yang membuat usahanya jatuh bangkrut.

Agar sukses, pengusaha harus memiliki kiat khusus dan inovasi yang tinggi. Inovasi adalah mengenalkan sesuatu yang baru atau memunculkan sesuatu yang baru dan bisa dimulai pemasarannya dari kawan (mulut ke mulut).

  1. Inovasi bisa menyangkut aspek kebaruan, yaitu teknologi baru atau bentuk aplikasi baru untuk produk, servis, proses atau segmen baru. Ada enam jenis kiat melakukan inovasi, di antaranya :
  2. Inovasi berbasis modulasi, yaitu inovasi yang merubah karakteristik dasar dari produk atau jasa yang sudah ada di pasaran.
  3. Inovasi yang berbasis ukuran, yaitu inovasi yang melibatkan peluncuran produk atau jasa baru ke pasar dengan mengubah volume, frekuensi ukuran atau jasa yang ditawarkan.
  4. Inovasi berbasis desain, yaitu inovasi yang melahirkan produk baru dengan mengubah tampilan eksternalnya.
  5. Inovasi berbasis kemasan, yaitu inovasi yang melibatkan penciptaan produk-produk baru dengan hanya memodifikasi kemasan.
  6. Inovasi berbasis pengembangan bahan komplementer, yaitu inovasi yang melibatkan penambahan bahan komplementer atau layanan tambahan atas produk.
  7. Inovasi berbasis pengurangan, yaitu upaya inovasi yang tidak melibatkan modifikasi produk atau jasa , melainkan upaya pengurangan terhadap resiko dari produk yang  telah ada di pasaran.

 

Kiat Sukses Mengembangkan Usaha

Strategi lompatan katak dapat diasosiasikan sebagai sebuah strategi pewirausaha kecil dalam mengembangkan usahanya dengan membiakkan usaha secara cepat. Strategi lompatan katak dalam pengembangan iptek dan indsutri bukan barang asing lagi.

BJ. Habibie, mantan Presiden RI, memformulasikan startegi lompatan katak, dengan melakukan metoda transformasi melalui empat tahap, yaitu dengan mengambil lisensi, melakukan integrasi teknologi, mengembangkan teknologi, dan penelitian dasar.

Istilah lompatan katak secara khusus digunakan untuk menunjukkan pola percepatan yang sangat signifikan dari biasanya, semisal yang pernah dilakukan dua negara, yakni Jerman dan Jepang, dalam mengejar ketertinggalan teknologi dan industri, hingga saat ini berhasil mendudukkan dirinya dalam deretan Negara maju.

Sebut saja, beberapa pewirausaha, yang membiakkan usahanya dengan kemitraan atau franchise yang mampu melipatgandakan usaha dari 1 menjadi 50 gerai hanya dalam hitungan tahun. Apa rahasianya?

Mereka membentuk produk berkualitas, unik dan berbeda dengan yang telah ada selama ini. Dari sisi apapun, produk tersebut dapat dicitrakan sebagai produk nomor satu dan terbaik.

Mereka membentuk branding dan pencitraan yang kuat, memiliki filosofi bisnis, serta mampu menciptakan corporate image, dengan menerapkan corporate dan produk identity yang jelas dan kuat, pada semua elemen corporate maupun produknya.Mereka juga menciptakan produk yang dalam menghitung keuntungan terlihat dengan jelas gambaran keuntungan yang dapat diperoleh bagi siapa saja yang melakukan.

* Mereka menciptakan sistem kerja, mulai dari supply manajemen hingga monitoring.

* Aktif melakukan sosialisasi dan promosi berdasarkan azas kemanfaatan dan efektivitas.

* Terus melakukan inovasi produk agar tetap menjadi yang terdepan dan terbaik, karena dipastikan follower akan terus mengikuti bisnis dan prospek yang baik. Beberapa pemain bisnis seperti Alfamart, KFC, Mc Donald, dan beberapa bisnis yang dikembangkan dengan strategi lompatan katak, dapat ditiru bagaimana mereka mengembangkan bisnis ini.

Sumber:http://anneahira.com

1 Response to “Tips Sukses Mengembangkan Usaha Kecil”



  1. 1 Peluang Bisnis Rumah Makan « Tips Pengusaha Sukses Trackback on June 17, 2012 at 2:47 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: